-->

Cara Membuat Layout Buku Sederhana di Corel Draw

Kali ini kita akan memberikan beberapa tutorial tentang cara pembuatan layout buku dengan menggunakan aplikasi corel draw. Dengan menggunakan aplikasi ini, pembuatan layout buku akan lebih menarik, karena kamu dapat mengkombinasikan layout tersebut dengan animasi lainnya.

Proses pembuatan layout buku di corel draw ini penting, karena tanpa melakukan setting layout, maka buku yang akan di cetak akan berantakan. Nah untuk membuat layout buku di corel draw ini ada beberapa tahapan antara lain:
 

Belajar Membuat Layout Buku Untuk Pemula


1. Setting Halaman
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengatur halaman. Untuk pengaturan halaman ini meliputi ukuran kertas saat proses cetak. Misalnya kamu mau menggunakan kertas A4, maka ubahlah ke A4. Adapun cara untuk merubah ukuran kertas ke A4 di corel draw adalah sebagai berikut:
- Buka Aplikasi Corel Draw
- Klik New
- Biasanya terdapat opsi tentang ukuran layout yang diinginkan.
 
ubah layout A4
ubah layout A4
 

2. Setting Margin
Selanjutnya adalah mengatur margin, margin ini digunakan sebagai pembatas tulisan dan sisi kertas. Oleh karena itu pengaturan margin ini penting sekali agar buku yang dicetak rapi. Untuk pembuatan margin ini sendiri kamu dapat menggunakan 20 mm dari pinggir kertas. 

3. Mengisi Teks
Setelah layout sudah siap kamu dapat langsung mengisinya dengan teks dari isi buku yang ingin dibuat. Untuk membuat teks sendiri kamu dapat menggunakan Text Tool.

4. Memberi Nomor di Setiap Halaman
Karena buku ini membutuhkan nomor di setiap halaman, maka kamu perlu memberinya. Untuk memberi nomor halaman di corel draw caranya adalah sebagai berikut:
- Klik Menu Window
- Pilih Docker
- Macro Manager
Maka akan muncul menu page numbering, disinilah nantinya kamu dapat mengatur nomor halaman. Mulai dari jenis font, letak, warna dan lain sebagainya.
 
Baca Juga:

5. Pembuatan Cover
Buku pasti membutuhkan cover di bagian depan, oleh karena itu kamu perlu membuatnya. Dalam membuat cover usahakan yang menarik. Karena orang akan tertarik untuk membaca buku itu dilihat dari cover depannya. Usahakan dalam membuat cover sesuaikan dengan isi dari buku tersebut, agar orang langsung mengerti mengenai apa isi buku yang ada di dalamnya.
 
Cara Membuat Layout Buku Sederhana di Corel Draw
Cara Membuat Layout Buku Sederhana di Corel Draw
 

Itulah sendiri tips tentang cara membuat layout buku sederhana di corel draw, diharapkan dapat menambah wawasan kamu tentang pembuatan layout buku untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel